Galeri

Berita

Perpisahan Mahasiswa PLP IAIN Syekh Nurjati Cirebon Tahun 2019

Usai acara perpisahan, Mahasiswa PLP foto bersama Kepala dan Guru MI PGM kota Cirebon
Sebanyak 10 Mahasiwa dari jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah menjalani masa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di MI PGM Kota Cirebon selama 2 bulan, dimulai pada 18 Agustus 2019 dan selesai pada 18 Oktober 2019. Selanjutnya para mahasiswa PLP tersebut akan melanjutkan perkuliahannya di kampus. 

Pelepasan mahasiswa PLP dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2019. Dimulai dengan grup hadroh MI PGM, sambutan ketua kelompok PLP MI PGM, Sambutan Kepala Sekolah, kemudian sambutan Dosen Pembimbing Lapangan, dan ditutup dengan pemberian tanda mata sebagai kenang-kenangan oleh mahasiswa PLP kepada MI PGM Kota Cirebon. 

Dalam sambutannya, Kepala MI PGM Kota Cirebon, Ahmad Sujaenudin, S.Pd.I menyampaikan rasa terima kasih kepada para mahasiswa yang selama masa PLP telah membimbing para siswa. Anak-anak menemukan hal yang baru dengan mahasiwa PLP, begitu pula kepada mahasiwa yang mau belajar dengan kami (MI PGM). Mudah-mudahan pengalaman di MI PGM ini bisa bermanfaat, dan dapat diterapkan jika (mahasiswa PLP) sudah bekerja sebagai guru. 

Tak hanya sambutan, serangkaian acara pelepasan ini dimeriahkan dengan pementasan kreatifitas siswa, seperti musikalisasi puisi, drama, menyanyi, tari topeng, dan berbagai pertunjukkan lainnya. Sebagian pementasan siswa tersebut sebelumnya telah dilatih oleh para mahasiswa PLP. 

Selama menjalani PLP 2 bulan, para mahasiswa mempraktekan apa yang telah dipelajarinya selama di kampus, dimulai membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), administrasi guru, berinteraksi dengan siswa, guru, orang tua siswa, bagaimana caranya menguasai kelas, membimbing siswa agar tetap fokus dalam mengikuti kegiatan belajar, dan mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah. 

MI PGM Kota Cirebon sudah 5 tahun berturut-turut menjadi salah satu madrasah yang ditempatkan oleh para mahasiswa PLP. Tidak semua madrasah menjadi tempat pelaksanaan PLP karena setiap tahun IAIN Syekh Nurjati Cirebon selalu mengevaluasi daripada pelaksanaan PLP ini. 

About mi pgm kota cirebon

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.